Website Ooredo Ikut Dibajak Oleh Hacker

http://iamnotashamed.net – Perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia, Indosat Ooredoo, telah membahas sebuah insiden di mana situs web perusahaan tersebut diretas. Pada hari Sabtu, situs subdomain Indosat, arena.indosatooredoo.com, telah diretas. Situsnya dihiasi dengan gambar animasi dan pesan. Dengan menggunakan font kartun, hacker tersebut mengungkapkan kesal dengan operator tersebut, yang sebelumnya mengeposkan tweet yang bisa diartikan sebagai tusukan pesaing dari Telkomsel setelah situs web yang terakhir diretas sehari sebelumnya.

“Tindakan ini tidak hanya menyerang salah satu pesaing kami, tapi juga kegiatan industri, termasuk dunia digital Indonesia secara luas,” kata direktur Corporate Communications Indosat Oouroo Deva Rachman dalam sebuah pernyataan. Perampokan situs Indosat itu konon dilakukan sebagai tanggapan atas pesan yang diposting di akun Twitter resmi IM3 Ooredoo, @ IM3OoredooJBTK, beberapa jam setelah kejadian hacking Telkomsel.

“Apa semua kebisingannya? Membayar kuota internet yang mahal? IM3 Ooredoo memberi banyak kuota dengan harga murah. Sudah terbukti! “Itu tweeted. Tweet ini sejak itu telah dihapus dari timeline. Menurut Deva, situs hacked dimiliki dan dikelola oleh pasangan mereka dan sudah lama tidak aktif. “Saat ini kami sedang mengevaluasi prosedur dan setting penggunaan situs subdomain menggunakan nama Indosat Ooredoo,” katanya. Deva menambahkan bahwa perlu dilakukan kampanye kolektif untuk nilai positif dan etika terkait penggunaan data internet serta layanan data oleh operator untuk memberikan akses digital ke seluruh masyarakat Indonesia.

Hanya satu hari setelah sebuah halaman web perusahaan telekomunikasi Telkomsel dirusak hacker pada hari Jumat, operator seluler Indosat telah mengalami serangan serupa. Pelanggan yang mencoba masuk ke situs subdomain Indosat, arena.indosatooredoo.com, disambut dengan sebuah homepage yang dihiasi dengan gambar animasi dan pesan sinis, hasil hack pada perusahaan telekomunikasi. Dengan menggunakan huruf kasual yang lucu, peretas tersebut mengungkapkan kesal dengan operator tersebut, yang diduga telah menggoda Telkomsel setelah situs web yang terakhir diretas pada hari Jumat.

Dalam pesannya, peretas meminta semua penyedia layanan untuk tidak membuat sindiran satu sama lain: “Terkejut? Bisakah anda merasakannya sekarang apa yang menjadi korban hacking nanti? ” melaporkan. Si hacker mengatakan semua perusahaan telekomunikasi harus tetap tenang dan berhenti saling menggoda. “Penyedia layanan harus saling mendukung satu sama lain,” kata pesan tersebut. Hacking tersebut rupanya merujuk pada sebuah pesan yang tertulis di akun Twitter resmi IM3 Ooredoo, @ IM3OoredooJBTK, beberapa jam setelah situs web Telkomsel diretas.

“Apa kebisingannya? Membayar kuota internet yang mahal? IM3 Ooredoo memberi banyak kuota dengan harga murah. Sudah terbukti! “Itu tweeted. Tweet ini telah dihapus dari timeline. Peretas meninggalkan tanda tangan, yang membaca IndoXploit – Sanjungan Jiwa -J1oVal, di bagian bawah pesan. Hingga Sabtu siang, situs Indosat Arena belum bisa diakses. Mengenai apakah orang-orang yang meretas situs Telkomsel dan Indosat Arena sama saja tidak diketahui.