Melesatnya Pengguna 4G Dari Masa Ke Masa

Semua provider berlomba-lomba mengaktifkan 4G demi pelayanan

Pengguna 4G LTE di Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Padahal teknologi pita lebar seluler generasi keempat ini baru diperkenalkan pada akhir 2014 lalu. Berdasarkan data yang dipaparkan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, pada awal-awal, penetrasi pengguna data di jaringan 4G secara industri mencapai 20%-30%. Tapi angka itu meningkat kembali pada tahun lalu menjadi 40%. Rudiantara memprediksikan Judi Poker Online di akhir tahun nanti pengguna jaringan generasi keempat ini bisa menjadi 60%.

“Secara industri pengguna 4G terakhir itu di atas 40%. Meski ada operator yang pengguna 4G sudah di atas 50%, tapi ada juga yang masih kurang 50%. Akhir tahun ini diprediksikan pengguna 4G secara industri bisa mencapai 60%,” ujar Rudiantara di Jakarta, Selasa (25/4/2017). Namun sebagai catatan, tumbuhnya penetrasi pengguna 4G ini, harus diimbangi dengan gencarnya operator meratakan penyebaran teknologi tersebut ke berbagi daerah Indonesia.

“Minimal kecepatan operator dalam mengembangkan coverage 4G juga,” tambah menteri yang akrab disapa Chief RA itu.

Sebab, lanjutnya, nanti pada 2018 akan ada penambahan spektrum baru dimana pita frekuensi 2,1 GHz dan 2,3 GHz telah diimplementasikan. Saat ini, pemerintah tengah merancang aturan dan melakukan lelang untuk blok kosong di dua pita frekuensi tersebut.

“Nanti ada tambahan spektrum 2,1 GHz dan 2,3 GHz juga pada tahun depan yang digunakan untuk di kota-kota yang kebutuhan bandwidth-nya besar,” kata Rudiantara.

Tagged with:     ,

About the author /


Aku menulis dengan hati. Semua artikel yang disini original tulisan aku. hehehehe

Post your comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *